Cari Sesuatu? Ketik di sini....

Selasa, 17 November 2009

SILATURAHIM DI DUNIA MAYA, JUGA MENDATANGKAN RIZKI

Dunia maya berkembang sangat pesat. Kalau dulu pemakai hanya menggunakan untuk chatting dan browsing, kini kita berperan lebih. Yaitu sebagai pemain. Yaitu penulis cerita, catatan harian, atau berbagi ilmu. Ini menjadi mudah sejak munculnya berbagai sarana blogging.


Dulu punya website adalah prestise. Karena berarti harus bayar. Dan hanya lembaga bisnis yang memilikinya. Kini tidak lagi. Pribadi-pribadi yang dulu bukan siapa-siapa, kini bisa menjadi ‘orang’ karena ketekunannya menulis di blog pribadi meskipun tidak ada kegiatan bisnis di dalamnya. Semua menjadi mudah karena ada penyedia website gratis. Apalagi yang berbisnis melalui media online seperti Pak Afrizal Juragan Poeti itu.


Setiap orang yang punya blog pasti ingin agar tulisannya bermanfaat. Dengan dikunjungi oleh banyak orang dan tulisannya dibaca. Untuk apa menulis kalau tidak ada yang membaca. Maka para penulis amatiran itupun mempromosikan blog dan tulisannya melalui berbagai cara. Ada yang rajin menulis di milis, ada yang rajin jalan-jalan mengunjungi blog orang lain. Yang ini sering disebut blog walking. Ada yang selalu menulis di milis sebuah cerita singkat dari tulisannya. Lalu ketika pembacanya penasaran disarankan untuk meng-klik URL tertentu. Dengan mengklik alamat itu, pembaca akan ‘terperosok’ masuk kedalam blognya.


Pendeknya harus banyak meninggalkan jejak di dunia maya!


Contoh untuk yang satu ini adalah teman saya yang rajin nulis dan meninggalkan jejaknya di mana-mana. Yaitu Pak Eko Eshape. Beliau ini seperti tak henti-hentinya menulis. Meskipun tentang sesuatu yang menurut orang lain dianggap sepele, seperti tentang “Mutual Friend”. Ini ternyata tidak menjadi sepele karena ternyata banyak facebooker belum paham. Syukurlah beliau ini banyak meninggalkan jejak kebaikan. Bukan jejak keburukan seperti yang dilakukan oleh para blogger iseng (untuk yang ini saya tidak usah kasih contoh link-nya).


Yang lebih cerdas lagi adalah web site atau blog yang bersedia membayar siapa saja yang mengunjungi website atau blognya. Kalau dulu ada filmnya Dedi Mizwar berjudul Kejarlah Daku Kau Kutangkap. Kini ada bahkan banyak blog yang mengajak kita mengunjunginya dengan iming-iming: “Masuklah ke Blog-ku Nanti Kau Kubayar.”


Minimal di dalam blognya, pemilik memberikan kita kesempatan untuk mengiklankan produk-produk kita secara gratis. Misalnya website ini.


Wuih… hebat tenan… lha apa untungnya? Dia bayar kita pakai apa?


Kita beriklan, produk kita laku, dia dapat apa? Inilah dunia maya.


Mau tau prinsipnya? Ini salah satu link yang bisa di klik.


Saya sendiri sih pengen punya blog yang banyak dikunjungi orang dan menghasilkan uang. Pasti Anda juga pengen, kan?


Oke… selamat blogwalking dan sebelum itu klik ini, agar blogwalking Anda tak sia-sia.


Bagi yang belum punya blog jangan gigit jari, karena ada workshop belajar blog yang diselenggarakan oleh CiMart, yang diberi tajuk Duel Maut Joomla vs Blogger. Nah, apa pula itu? Kunjungi saja beritanya di sini.


Inikah namanya silaturahmi membawa rizki? Bisa jadi!


Wallahu’alam.

Choirul Asyhar

NB. Tulisan ini saya tulis bukan karena saya ahli dibidang ini. Tapi saya sedang mempraktekkan bagaimana website melakukan treatmen agar websitenya dikunjungi orang. Agar tujuannya tercapai website itu menjanjikan fee bagi yang mau memasarkannya. Nah, saya sedang mempraktekkan ini. Jadi kalau Anda juga pengen mencoba silakan saja klik ini. Kalau Anda bosan dengan iklan-iklan yang muncul saat URL-URL itu di klik…. Langsung aja klik SKIP AD di kanan atas. Kalau Anda tidak mau mencoba, ya gak papa…. Keputusan ada di ujung jari Anda. Seperti kata William Shakespear “To Click or not to Click” (walah… ngawure puollll)

Tidak ada komentar: